Minggu, 04 Maret 2012

Tips Mendetoksifikasi Tubuh


Merawat tubuh sudah tentu tak cukup hanya dari luar saja, namun penting juga perawatan dari dalam. Salah satu perawatan tubuh yang cukup banyak menarik minat wanita adalah pembersihan tubuh dari zat-zat racun atau yang dikenal dengan istilah detoksifikasi.
Seperti halnya kulit, tubuh bagian dalam pun perlu untuk dibersihkan. Proses ini disebut dengan proses detoksifikasi, yaitu pembersihan tubuh dari toksin (racun), sisa-sisa makanan yang tidak tercerna, serta berbagai zat yang buruk untuk kesehatan, seperti timbunan pengawet, pewarna, atau perasa pada makanan, nikotin, atau pengaruh polusi.



Pengaruh proses pembersihan ini, selain membuat tubuh lebih sehat, membuat kulit lebih bersih, sehat, dan relatif bebas dari masalah. Berikut beberapa tips detoksifikasi:
1.      Setelah Anda bangun pagi segera minum segelas air panas yang dicampur dengan sari lemon.
2.      Kurangi konsumsi daging merah serta produk susu. Bahan-Bahan ini memerlukan waktu lama untuk dicerna, sehingga menyebabkan kembung dan menimbulkan timbunan toksin pada tubuh.
3.      Minum jus buah-buahan atau jus sayuran. Minumlah tiga gelas selama sehari (sebaiknya tidak dicampur gula) dan campur dalam perbandingan yang sama dengan air. Buah-buahan yang baik untuk program pembersihan ini adalah apel, anggur, lemon, jeruk, jeruk nipis, pepaya, semangka dan melon. Sayuran yang baik untuk dijus adalah wortel, seledri, ketimun, bayam, atau kangkung. Sebaiknya tidak membuat jus campuran antara buah dan sayuran (kecuali apel dengan wortel) untuk menghindarkan resiko timbulnya kembung karena penimbunan cairan.
4.      Tingkatkan sirkulasi darah serta metabolisme dengan terapi air. mandilah dengan air hangat dengan pancuran sebentar, kemudian siram tubuh Anda dengan air dingin 10 detik.
5.      Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali (basa) untuk lebih cepat menghilangkan toksin dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung alkali adalah buah segar serta sayuran rebus.


Beberapa ahli nutrisi menyarankan agar ditoksifikasi ini sebaiknya dilakukan 1x (1Minggu) dalam 1 Tahun.   Selanjutnya apa sih asam basa dalam makanan kita sehari-hari itu, simak Tabel asam basa Maknan……..Semoga bermanfaat….!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar